Desa Wisata Ngadas, Malang

Pernah dengar nama Desa Ngadas Malang? Desa di atas awan ini jadi salah satu desa di Malang yang ditempati Suku Tengger. Semenjak tahun 2007 lalu, Desa Ngadas Malang ini dirubah jadi desa rekreasi. Faktanya, sebab desa ini berpotensi rekreasi yang menarik, seperti Ranupane, Coban Trisula, sampai petik apel. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai salah satu lokasi outbound di Malang loh.

Desa Ngadas Malang ada dalam tempat teritorial Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Ada pada ketinggian 2.150 mtr. di atas permukaan laut jadikan Desa Ngadas Bromo ini jadi salah satunya desa paling tinggi yang berada di Jawa. Tidak bingung jika beberapa orang mengatakan Desa Atas Awan di Malang.

Konon Desa Ngadas ini dibuat oleh Mbah Sedhek seputar tahun 1774. Dari desa berikut lalu lahir Suku Tengger yang menempati Ngadas sampai sekarang ini. Khasnya lagi, semua masyarakat di Desa Ngadas ini tidak ada satupun yang pendatang. Di desa ini ada ketentuan tidak tercatat yang mengatakan jika tanah yang dipunyai suku Tengger jangan diperjual-belikan.

Desa Ngadas Malang mempunyai pemandangan yang mengagumkan cantik. Salah satunya jalanan di desa ini mempunyai pemandangan langsung yang menghadap ke Gunung Bromo. Waktu pagi hari, kabut tipis yang menyelimutinya desa membuat situasi semakin damai serta sejuk. Desa ini adalah pintu masuk untuk ke arah Gunung Bromo lewat Poncokusumo.

Desa Ngadas Malang jadi contoh bagaimana ketidaksamaan masih dapat mendatangkan persatuan. Warga desa ini beragama yang lain, ada yang Islam, Buddha sampai Hindu. Serta ada pula yang pada sebuah keluarga yang merengkuh tiga agama tidak sama, namun dapat hidup rukun. Warga Ngadas masih tetap mengaplikasikan ritual serta upacara kuno yang dipercaya bawa mereka pada kedisiplinan, nasib baik serta kemakmuran.

Pelancong yang tiba kesini ditanggung tidak akan menyesal. Panorama alam yang benar-benar indah, udara yang sejuk, situasi pedesaan yang tenang, spot photo yang melimpah, masyarakat yang ramah, budaya yang masih tetap lekat ialah beberapa hal yang akan dirasa. Desa Ngadas Malang ini terdapat di Kecamatan Poncokusumo serta terdapat di ujung paling timur Kabupaten Malang, bersebelahan langsung dengan daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Itu dia info menarik tentang salah satu desa wisata di Malang yang bisa masuk ke dalam daftar kunjunganmu saat liburan nanti. Saat jalan-jalan ke Bromo desa wisata satu ini sudah pasti harus kamu kunjungi. Rugi kan jauh-jauh ke Bromo tapi melewatkan desa eksotik ini? Tunggu apalagi? Yuk segera jadwalkan keberangkatanmu ke salah satu tempat paling terkenal di Jawa Timur ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *