Pesona Puncak B29

Ditutupnya teritori rekreasi Gunung Bromo semasa Hari Raya Nyepi pada 7-8 Maret 2019 membuat wisatawa harus cari pilihan objek rekreasi lain. Ditutupnya teritori rekreasi Gunung Bromo lalu bukan bermakna peluang melihat keelokan alam disana tertutup rapat. Pelancong masih dapat melihat keelokan Gunung Bromo dari objek rekreasi Pucuk B29. Hal tersebut sebab Pucuk B29 terdapat di atap bukit samping timur-tenggara teritori rekreasi Gunung Bromo. Objek rekreasi ini persisnya terdapat di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bila bertandang ke Pucuk B29, keelokan alam ini dapat dilihat dengan cara langsung oleh ke-2 mata:

Kaldera Bromo

Saat cuaca cerah, pemandangan alam yang tersaji di Pucuk B29 memang demikian mempesona. Salah satunya yang sangat menarik ialah Kaldera Bromo yang demikian luas. Kaldera itu mencakup lautan pasir, Gunung Bromo, serta Gunung Batok.

Kaldera ialah pusat letusan berdiameter lebih dari dua km.. Sesaat kawah cuma dengan diameter kurang dari 2 km.. Dulu, kaldera ini ialah sisi dari Gunung Bromo purba raksasa yang masuk kelompok megavulkano. Luasnya kaldera Bromo terlihat demikian mempesona. Di sekitarnya, barisan perbukitan seakan terlihat seperti benteng raksasa. Bila bawa lensa tele, karena itu simbol rekreasi Bromo seperti Pura Mulia Poten dapat diabadikan dengan demikian indah.

Letusan di Puncak Mahameru

Walau memiliki jarak seputar 18 km. bila ditarik garis lurus, Atap Pulau Jawa, yaitu Pucuk Mahameru dengan ketinggian capai 3.676 mtr. di atas permukaan laut (mdpl) bisa nampak dengan demikian jelas. Kubah pasir raksasa setinggi kurang-lebih 1.000 mtr. itu terlihat demikian dekat. Waktu cuaca cerah, Pucuk Mahameru akan terlihat demikian gagah dengan background langit biru.

Untuk gunung api, kawah Semeru juga masih aktif. Kadang-kadang terlihat letusan dari Kawah Jonggring Saloka berbentuk awan panas memiliki warna putih yang melambung tinggi ke angkasa. Meskipun begitu, letusan Gunung Semeru benar-benar tidak beresiko bila disaksikan dari Pucuk B29. Malah letusan itu jadi objek photo yang menarik untuk makin meningkatkan kegagahan Pucuk Mahameru.

Gunung Arjuno-Welirang di Ufuk Barat

Keelokan pemandangan yang tersaji di Pucuk B29 tidak cuma dari teritori Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Ada pada ketinggian seputar 2.900 mdpl, panorama mengarah jauh juga ikut nampak, khususnya saat cuaca cerah. Salah satunya panorama yang cantik berada di ufuk barat, yaitu Gunung Arjuno-Welirang. Satu gunung dengan dua pucuk tidak sama ini terlihat benar-benar jelas, terutama bila dibidik dengan lensa tele.

Pucuk Gunung Argopuro serta Raung di Ujung Timur

Bagian timur seakan tidak ingin kalah untuk menyediakan daya tarik keelokannya. Kesempatan ini gantian Pucuk Gunung Argopuro yang hiasi bagian timur. Gunung dengan jalan pendakian terpanjang di Pulau Jawa itu terlihat melayang-layang saat disaksikan dari Pucuk B29. Saat momennya cocok, Gunung Argopuro terlihat seperti disangga oleh awan putih di bawahnya. Disamping itu bila cuaca cerah, Gunung Raung yang ada bertambah jauh di ufuk timur ikut nampak dengan cukup jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *